Risalah Kedelapan Belas Tentang Seputar Tata Cara Sholat

50). Apakah hukum sholat di atas kapal atau pesawat terbang?

Jawab:

๐ŸŒฟBoleh, jika dikhawatirkan keluar dari waktu sholat.

โžก Dalilnya adalah Hadits Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata:

“Rasulullah โ€Ž๏ทบ ditanya tentang sholat di kapal, Beliau โ€Ž๏ทบ bersabda:

( ุตูŽู„ู‘ู ู‚ูŽุงุฆูู…ู‹ุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุฎูŽุงููŽ ุงู„ู’ุบูŽุฑูŽู‚ูŽ)

“Sholatlah berdiri kecuali jika engkau takut tenggelam (maka sholatlah dengan duduk).”

๐Ÿ“šHR. Daaraquthniy dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albany.

๐ŸŒธDi sini disebutkan bahwa sholat di kapal atau pesawat terbang dengan berdiri, kecuali jika khawatir akan dirinya terjatuh atau tenggalam, maka sholat dalam keadaan duduk.

๐ŸŒบMenghadap qiblat ketika memulai sholat dan tidak mengapa jika kapal mengarah kepada selain qiblat setelah itu karena dalam keadaan darurat,

โžก Allah Ta’ala berfirman:

{ ููŽุง ุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูŽ ู…ูŽุง ุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชูู…ู’ }.

“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu.” (QS. At-Taghabun 64: Ayat 16)

51). Bolehkah sholat nafilah (sunnah) di atas kendaraan (mobil, pesawat atau hewan tunggangan) dalam keadaan tidak darurat?

Jawab:

๐ŸŒทYa, boleh.

โžก Dan dalilnya adalah hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu:

ุนู† ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุณูŽุงููŽุฑูŽ ููŽุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽุทูŽูˆู‘ูŽุนูŽ ุงุณู’ุชูŽู‚ู’ุจูŽู„ูŽ ุจูู†ูŽุงู‚ูŽุชูู‡ู ุงู„ู’ู‚ูุจู’ู„ูŽุฉูŽ ููŽูƒูŽุจู‘ูŽุฑูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุญูŽูŠู’ุซู ูˆูŽุฌู‘ูŽู‡ูŽู‡ู ุฑููƒูŽุงุจูู‡ู.

Dari anas bin Malik bahwa apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hendak mengerjakan shalat sunnah, beliau menghadapkan untanya ke arah Kiblat, lalu beliau shalat ke arah mana saja kendaraan (untanya) menghadap.”

๐Ÿ“š HR. Imam Abu Dawud dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albany.

โžก Dalam riwayat Imam Ahmad dan dishohihkan oleh Syaikh Al-Albany :

(ุญูŽูŠู’ุซูู…ูŽุง ุชูŽูˆูŽุฌู‘ูŽู‡ูŽุชู’ ุจูู‡ู).

“Ke arah mana pun kendaraan itu menghadap.”

๐ŸŒธ Apabila datang waktu sholat fardhu turun dari kendaraannya setelah itu menghadap kiblat kemudian sholat.

๐ŸŒฟ Sebagaimana hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma:

ุนู† ุฌูŽุงุจูุฑู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูŽุงุญูู„ูŽุชูู‡ู ู†ูŽุญู’ูˆูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุดู’ุฑูู‚ู ููŽุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠูŽ ุงู„ู’ู…ูŽูƒู’ุชููˆุจูŽุฉูŽ ู†ูŽุฒูŽู„ูŽ ููŽุงุณู’ุชูŽู‚ู’ุจูŽู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุจู’ู„ูŽุฉูŽ.

Dari Jabir bin ‘Abdullah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mendirikan shalat diatas hewan tunggangannya menghadap ke Timur. Jika Beliau hendak melaksanakan shalat wajib, maka Beliau turun dan melaksanakannya dengan menghadap kiblat”.

๐Ÿ“š HR. Bukhori.

52). Bolehkah sholat nawafil (sunnah) dalam keadaan duduk tanpa adanya uzur?

Jawab:

๐ŸŒทYa, boleh

๐Ÿ€Akan tetapi yang utama dia sholat dalam keadaan berdiri karena sholat duduk pahalanya separuh sholat berdiri kecuali bagi orang yang memiliki uzur baginya pahala sempurna.

โžก Dalilnya adalah hadits Hafshoh radhiyallahu ‘anha:

ุนู† ุญูŽูู’ุตูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ู…ูŽุง ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ูููŠ ุณูุจู’ุญูŽุชูู‡ู ู‚ูŽุงุนูุฏู‹ุง ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูƒูŽุงู†ูŽ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ูˆูŽููŽุงุชูู‡ู ุจูุนูŽุงู….

dari Hafsah Berkata: “Belum pernah Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam shalat sunnahnya beliau lakukan dengan duduk, hingga setahun sebelum wafatnya.”

๐Ÿ“š HR. Muslim.

Makna ุงู„ุณูู‘ุจู’ุญูŽุฉ adalah sholat sunnah.

โ–ถ Dan hadits Imron bin Hushain radhiyallahu ‘anhu:

ุนูŽู†ู’ ุนูู…ู’ุฑูŽุงู†ูŽ ุจู’ู†ู ุญูุตูŽูŠู’ู†ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุณูŽุฃูŽู„ู’ุชู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู†ู’ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู‚ูŽุงุนูุฏูŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ู‚ูŽุงุฆูู…ู‹ุง ููŽู‡ููˆูŽ ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ู‚ูŽุงุนูุฏู‹ุง ููŽู„ูŽู‡ู ู†ูุตู’ูู ุฃูŽุฌู’ุฑู ุงู„ู’ู‚ูŽุงุฆูู…ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ู†ูŽุงุฆูู…ู‹ุง ููŽู„ูŽู‡ู ู†ูุตู’ูู ุฃูŽุฌู’ุฑู ุงู„ู’ู‚ูŽุงุนูุฏ
ู
dari Imron bin Hushain, berkata; Aku pernah bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tentang seseorang yang melaksanakan shalat dengan duduk. Maka Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Siapa yang shalat dengan berdiri maka itu lebih utama. Dan siapa yang melaksanakan shalat dengan duduk maka baginya setengah pahala dari orang yang shalat dengan berdiri dan siapa yang shalat dengan tidur (berbaring) maka baginya setengah pahala orang yang shalat dengan duduk”.

๐Ÿ“šHR. Bukhori

Dan makna:

(ูˆูŽ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ ู†ูŽุงุฆูู…ุงู‹) ุฃูŽูŠ: ู…ูุถู’ุทูŽุฌูุนู‹ุง

Dan sholatnya dalam keadaan tidur

Maksudnya:
sholatnya dalam keadaan berbaring.