Risalah Kedua Puluh TujuhTentang Seputar Tata Cara Sholat

78). Apakah ada doa-doa yang disyariatkan setelah Tasmi’ dan Tahmid (bacaan: Sami’allahu Liman Hamidah)?

Jawab:

๐Ÿƒ Ya ada, hukumnya adalah sunnah,

โžก Di antaranya adalah hadits yang datang dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu:

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุณูŽุนููŠุฏู ุงู„ู’ุฎูุฏู’ุฑููŠู‘ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุฑูŽููŽุนูŽ ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุงู„ุฑู‘ููƒููˆุนู ู‚ูŽุงู„ูŽ:( ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ู„ูŽูƒูŽ ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู…ูู„ู’ุกูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงูˆูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽู…ูู„ู’ุกูŽ ู…ูŽุง ุดูุฆู’ุชูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽูŠู’ุกู ุจูŽุนู’ุฏูุŒ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ุซู‘ูŽู†ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุฌู’ุฏู. ุฃูŽุญูŽู‚ู‘ู ู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุจู’ุฏู -ูˆูŽูƒูู„ู‘ูู†ูŽุง ู„ูŽูƒูŽ ุนูŽุจู’ุฏูŒ- ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ู„ูŽุง ู…ูŽุงู†ูุนูŽ ู„ูู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุทูŽูŠู’ุชูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูุนู’ุทููŠูŽ ู„ูู…ูŽุง ู…ูŽู†ูŽุนู’ุชูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ููŽุนู ุฐูŽุง ุงู„ู’ุฌูŽุฏู‘ู ู…ูู†ู’ูƒูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุฏู‘ู ). ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู….

dari Abu Sa’id al-Khudri dia berkata, “Dahulu Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam apabila mengangkat kepalanya dari rukuk maka beliau membaca, ROBBANAA LAKAL HAMDU MILAS SAMAAWAATI WAL ARDHI WAMILA MAA SYITA MIN SYAIIN BA’DU, AHLATS TSANAA`I WAL MAJDI, AHAQQU MAA QOOLAL ‘ABDU, -WAKULLUNA LAKA ‘ABDUN-, ALLOOHUMMA LAA MAANI’A LIMAA A’THOITA WALAA MU’THIYA LIMAA MANA’TA WALAA YANFA’U DZAL JADDI MINKAL JADDU ‘Ya Allah, Rabb kami, segala puji bagimu sepenuh langit dan bumi serta sepenuh sesuatu yang Engkau kehendaki setelah itu, wahai Pemilik pujian dan kemulian, itulah yang paling haq yang diucapkan seorang hamba. Dan setiap kami adalah hamba untuk-Mu. Ya Allah, tidak ada penghalang untuk sesuatu yang Engkau beri, dan tidak ada pemberi untuk sesuatu yang Engkau halangi. Tidaklah bermanfaat harta orang yang kaya, kekuasaan orang yang berkuasa dari adzab-Mu (hanya saja Dia lah yang menyelamatkannya dengan melakukan amal shalih)’.”

โžก Dan juga hadits Rifa’ah bin Rafi’ Az-Zuraqi radhiyallahu ‘anhu:

ุนูŽู†ู’ ุฑูููŽุงุนูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ุฑูŽุงููุนู ุงู„ุฒู‘ูุฑูŽู‚ููŠู‘ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูู†ู‘ูŽุง ู†ูุตูŽู„ู‘ููŠ ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ูˆูŽุฑูŽุงุกูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฑูŽููŽุนูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุงู„ุฑู‘ูŽูƒู’ุนูŽุฉู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุณูŽู…ูุนูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูู…ูŽู†ู’ ุญูŽู…ูุฏูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ูˆูŽุฑูŽุงุกูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ู„ูŽูƒูŽ ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ุญูŽู…ู’ุฏู‹ุง ูƒูŽุซููŠุฑู‹ุง ุทูŽูŠู‘ูุจู‹ุง ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒู‹ุง ูููŠู‡ู ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุงู†ู’ุตูŽุฑูŽููŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุงู„ู’ู…ูุชูŽูƒูŽู„ู‘ูู…ู ุขู†ููู‹ุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ุฃูŽู†ูŽุง ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุจูุถู’ุนูŽุฉู‹ ูˆูŽุซูŽู„ูŽุงุซููŠู†ูŽ ู…ูŽู„ูŽูƒู‹ุง ูŠูŽุจู’ุชูŽุฏูุฑููˆู†ูŽู‡ูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูู…ู’ ูŠูŽูƒู’ุชูุจูู‡ูŽุง ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู‹ุง.

dari Rifa’ah bin Rafi’ Az-Zuraqi ia berkata; Pada suatu hari, kami shalat di belakang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Ketika beliau mengangkat kepalanya dari ruku’ dan membaca, “SAMI’ALLAHU LIMAN HAMIDAH (Allah Maha Mendengar bagi siapa saja yang memujinya).” Tiba-tiba seorang laki-laki menyahut di belakangnya, “RABBANAA LAKAL HAMDU KATSIIRAN THAYYIBAN MUBAARAKAN FIIH (Ya Rabb kami, bagi-Mu segala pujian yang baik dan banyak, serta mengandung keberkahan).” Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam selesai shalat, beliau bertanya: “Siapa yang berkata-kata tadi?” laki-laki itu pun menjawab, “Aku -wahai Rasulullah-.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungghnya aku telah melihat tiga puluh lebih Malaikat yang saling berlomba, siapa di antara mereka yang menulisnya pertama kali.”

๐Ÿ“šHR. Bukhori.

๐ŸŒดDan masih ada bacaan selain itu dan disunnahkan untuk bervariasi pada setiap kali bacaan satu macam, dibaca salah satu darinya.

๐ŸŒบTata Cara Sujud๐ŸŒบ

79). Bagaimana tata cara sujud?

Jawab:

๐ŸŒฟYaitu turun untuk sujud dengan bertumpu pada tangan, mendahulukan tangannya dari kedua lututnya, meletakkan kedua tangan, kedua lutut dan kedua kakinya di atas tanah (lantai), menempelkan dahi dan hidungnya di tanah, meluruskan punggungnya, tidak merendahkan atau mengangkatnya, tumakninah di dalam sujudnya sampai setiap sendi kembali ke tempatnya.

โžก Dalilnya adalah hadits Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma:

ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ:( ุฃูู…ูุฑู’ุชู ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽุจู’ุนูŽุฉู ุฃูŽุนู’ุธูู…ู ุงู„ู’ุฌูŽุจู’ู‡ูŽุฉู ูˆูŽุฃูŽุดูŽุงุฑูŽ ุจููŠูŽุฏูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ููู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ูุฌู’ู„ูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุฃูŽุทู’ุฑูŽุงูู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏูŽู…ูŽูŠู’ู†ู ). ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡.

dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Aku diperintahkan untuk bersujud pada tujuh anggota badan: kening -dan beliau menunjuk dengan tangannya pada hidungnya juga-, kedua tangannya, dan kedua kakinya, serta ujung kedua kedua telapak kakinya.

๐Ÿ“š HR. Bukhori dan Muslim.

๐ŸƒMaka dahi dan hidung adalah satu tulang dengan dalil isyarat Rasulullah โ€Ž๏ทบ kepada hidungnya, kaki dua tulang, lutut dua tulang, tangan dua tulang, maka jumlah keseluruhannya adalah tujuh tulang.

80). Apakah dalilnya didahulukan tangan daripada lutut di saat sujud [1]?

Jawab:

โžก Dalilnya adalah hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุณูŽุฌูŽุฏูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ููŽู„ู’ูŠูŽุถูŽุนู’ ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู‡ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฑููƒู’ุจูŽุชูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุจู’ุฑููƒู’ ุจูุฑููˆูƒูŽ ุงู„ู’ุจูŽุนููŠุฑู ุฑูˆุงู‡ ุงู„ู†ุณุงุฆูŠ ูˆุตุญุญู‡ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ.

dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Jika salah seorang dari kalian hendak sujud, maka hendaklah ia meletakkan kedua tangannya sebelum kedua lututnya dan janganlah ia turun (untuk sujud) seperti menderumnya unta.”

๐Ÿ“š HR. An-Nasa`i dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani.

๐ŸŽ‹Adapun hadits didahulukannya lutut daripada tangan adalah hadits dhaif didhaifkan oleh Syaikh Al-Albany.

๐ŸŒฑDan sudah diketahui bahwa cara menderumnya unta yaitu dengan mendahulukan lutut, dan kedua lututnya pada tangannya.

๐ŸŒฟBerkata sebagian ulama:

“Manusia ketika hendak berdiri dengan menggunakan kedua kakinya, sedangkan binatang berkaki empat dengan tangannya.

โžก Dalilnya hadits Suroqoh radhiyallahu ‘anhu berkata:

ูŽ ุณูŽุงุฎูŽุชู’ ูŠูŽุฏูŽุง ููŽุฑูŽุณููŠ ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุจูŽู„ูŽุบูŽุชูŽุง ุงู„ุฑู‘ููƒู’ุจูŽุชูŽูŠู’ู†.

“Kaki depan (tangan) kudaku kembali terperosok di dalam tanah hingga mencapai kedua lututnya.”

๐Ÿ“š HR. Bukhori.


[1]. Penerjemah:

๐ŸŒฟSyaikh Hasan bin Nur Al-Marwa’iy hafizhahullah (beliau sekarang salah seorang pengajar di Darul Hadits Mabar) berkata:

“Dan permasalahan ini terjadi perbedaan pendapat sejak dulu smpai sekarang,โ€ฆdan yang kuat adalah bolehnya dua perkara (mendahulukan tangan atau lutut dulu), karena tidak adanya dalil yang shohih dalam permasalahan iniโ€ฆ.”