๐ธTata Cara Tasyahud๐ธ
90). Apakah tasyahud pertama itu? Kapan duduk untuk tasyahud pertama?
Jawab:
๐ Seorang yang sholat duduk untuk tasyahud pertama di setiap rakaat kedua dari sholat yang berjumlah tiga rakaat atau empat rakaat dan itu ketika bangkit dari sujud yang kedua (pada rakaat kedua). Dan dia membaca:
ุงูุชููุญููููุงุชู ููููููู ููุงูุตููููููุงุชู ููุงูุทูููููุจูุงุชู ุงูุณููููุงู ู ุนููููููู ุฃููููููุง ุงููููุจูููู ููุฑูุญูู ูุฉู ุงูููููู ููุจูุฑูููุงุชููู ุงูุณููููุงู ู ุนูููููููุง ููุนูููู ุนูุจูุงุฏู ุงูููููู ุงูุตููุงููุญูููู ุฃูุดูููุฏู ุฃููู ููุง ุฅููููู ุฅููููุง ุงูููููู ููุฃูุดูููุฏู ุฃูููู ู ูุญูู ููุฏูุง ุนูุจูุฏููู ููุฑูุณูููููู. ู ุชูู ุนููู.
“Attahiyyaatu lillahi washshalawaatu waththayyibaat. Assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullohi wa barakaatuh. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillahish sholihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh” (Segala penghormatan hanya milik Allah, juga segala pengagungan dan kebaikan. Semoga kesejahteraan terlimpahkan kepada engkau wahai Nabi dan juga rahmat dan berkah-Nya. Dan juga semoga kesejahteraan terlimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya).
๐ HR. Bukhori dan Muslim dari hadits Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu .
91). Apakah tasyahud yang kedua itu? Kapan duduk untuk tasyahud yang kedua?
Jawab:
๐ฟSeorang yang sholat duduk untuk tasyahud akhir pada rakaat kedua untuk sholat yang berjumlah dua rakaat, pada rakaat ketiga pada sholat yang berjumlah tiga rakaat dan pada rakaat keempat pada sholat yang berjumlah empat rakaat dan pada sholat witir, ketika bangkit dari sujud, setelah membaca bacaan tasyahud (pertama) kemudian membaca:
ุงููููููู ูู ุตูููู ุนูููู ู ูุญูู ููุฏู ููุนูููู ุขูู ู ูุญูู ููุฏู ููู ูุง ุตููููููุชู ุนูููู ุฅูุจูุฑูุงูููู ู ููุนูููู ุขูู ุฅูุจูุฑูุงูููู ู ุฅูููููู ุญูู ููุฏู ู ูุฌููุฏู ุงููููููู ูู ุจูุงุฑููู ุนูููู ู ูุญูู ููุฏู ููุนูููู ุขูู ู ูุญูู ููุฏู ููู ูุง ุจูุงุฑูููุชู ุนูููู ุฅูุจูุฑูุงูููู ู ููุนูููู ุขูู ุฅูุจูุฑูุงูููู ู ุฅูููููู ุญูู ููุฏู ู ูุฌููุฏู.
Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shollaita ‘alaa Ibrahiim wa ‘alaa aali Ibrahim innaka hamiidun majid. Allahumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarakta ‘alaa Ibrahiim wa ‘alaa aali Ibrahim innaka hamiidun majiid” (Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahiim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia. Ya Allah berilah barakah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi barakah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkah Maha Terpuji dan Maha Mulia).
๐ HR. Bukhori dan Muslim dari hadits Ka’ab bin ‘Ujroh radhiyallahu ‘anhu.
92). Bagaimana tata cara duduk ketika tasyahud?
Jawab:
๐ Duduk pada tasyahud pertama sebagaimana duduk di antara dua sujud -duduk iftirosy- bangkit dari sujud sampai duduk sempurna, dibentangkan kali kiri dan duduk di atasnya, ditegakkan kaki kanan (ditancapkan), ujung jari-jari kaki menghadap kiblat, kedua siku diletakkan pada paha, kemudian mengisyaratkan dengan jari telunjuk ke arah kiblat, ibu jari dan jari tengah setelah jari telunjuk membentuk lingkaran, tumakninah ketika duduk tasyahud sampai tulang-tulang kembali pada sendi-sendinya.
โก Dalilnya adalah Wa`il bin Hujr:
ู ุนููู ููุงุฆููู ุจููู ุญูุฌูุฑู ุงููุญูุถูุฑูู ูููู ููุงูู ุฃูุชูููุชู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููููุชู ููุฃูููุธูุฑูููู ูููููู ููุตููููู ููุงูู ููุงุณูุชูููุจููู ุงููููุจูููุฉู ููููุจููุฑู ููุฑูููุนู ููุฏููููู ุญูุชููู ููุงููุชูุง ุญูุฐููู ู ูููููุจููููู ููุงูู ุซูู ูู ุฃูุฎูุฐู ุดูู ูุงูููู ุจูููู ูููููู ููุงูู ููููู ููุง ุฃูุฑูุงุฏู ุฃููู ููุฑูููุนู ุฑูููุนู ููุฏููููู ุญูุชููู ููุงููุชูุง ุญูุฐููู ู ูููููุจููููู ููููู ููุง ุฑูููุนู ููุถูุนู ููุฏููููู ุนูููู ุฑูููุจูุชููููู ููููู ููุง ุฑูููุนู ุฑูุฃูุณููู ู ููู ุงูุฑูููููุนู ุฑูููุนู ููุฏููููู ุญูุชููู ููุงููุชูุง ุญูุฐููู ู ูููููุจููููู ููููู ููุง ุณูุฌูุฏู ููุถูุนู ููุฏููููู ู ููู ููุฌููููู ุจูุฐููููู ุงููู ูููุถูุนู ููููู ููุง ููุนูุฏู ุงููุชูุฑูุดู ุฑูุฌููููู ุงููููุณูุฑูู ููููุถูุนู ููุฏููู ุงููููุณูุฑูู ุนูููู ุฑูููุจูุชููู ุงููููุณูุฑูู ููููุถูุนู ุญูุฏูู ู ูุฑููููููู ุนูููู ููุฎูุฐููู ุงููููู ูููู ููุนูููุฏู ุซูููุงุซูููู ููุญูููููู ููุงุญูุฏูุฉู ููุฃูุดูุงุฑู ุจูุฅูุตูุจูุนููู ุงูุณููุจููุงุจูุฉู. ุฑูุงู ุงูุฅู ุงู ุฃุญู ุฏ ูุตุญุญู ุงูุดูุฎ ุดุนูุจ ุงูุฃุฑูุงุคูุท.
dari Wail bin Hujr Al-Hadhrami ia berkata; Aku mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan aku berkata, "Aku benar-benar akan melihat, bagaimana beliau menunaikan shalat." Wa
il berkata; Beliau menghadap kiblat, kemudian beliau bertakbir dan mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua pundaknya, sedangkan tangan kanannya memegang tangan kirinya. Ketika beliau rukuk, beliau meletakkan kedua tangannya di atas kedua lutut dan saat bangkit dari rukuk, beliau kembali mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua bahunya. Dan ketika sujud, beliau meletakkan kedua tangannya dalam posisi seperti itu. Ketika duduk, beliau menduduki telapak kaki kirinya, kemudian meletakkan tangan kirinya di atas lutut kirinya dan beliau meletakkan sikunya di atas paha kanannya, sedangkan jari tangannya membentuk angka tiga puluh dengan menurunkan ibu jarinya dan memberi isyarat dengan jari telunjuknya.
๐ HR. Ahmad dan selainnya dan dishahihkan oleh Al-Albany [1].
โก Dan hadits Abdullah bin Zubair radhiyallahu ‘anhu:
ุนู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุงูุฒููุจูููุฑู ุนููู ุฃูุจูููู ููุงูู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฅูุฐูุง ููุนูุฏู ููุฏูุนูู ููุถูุนู ููุฏููู ุงููููู ูููู ุนูููู ููุฎูุฐููู ุงููููู ูููู ููููุฏููู ุงููููุณูุฑูู ุนูููู ููุฎูุฐููู ุงููููุณูุฑูู ููุฃูุดูุงุฑู ุจูุฅูุตูุจูุนููู ุงูุณููุจููุงุจูุฉู ููููุถูุนู ุฅูุจูููุงู ููู ุนูููู ุฅูุตูุจูุนููู ุงููููุณูุทูู ููููููููู ู ููููููู ุงููููุณูุฑูู ุฑูููุจูุชููู. ุฑูุงู ู ุณูู .
Dari Abdullah bin Zubair dari ayahnya katanya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam jika duduk berdoa, beliau letakkan tangan kanannya di atas paha kananya, dan tangan kirinya di atas paha kirinya, dan beliau memberi isyarat dengan jari telunjuknya dan beliau letakkan ibu jarinya pada jari tengahnya, sementara telapak kirinya menggenggam lututnya.
๐HR. Muslim.
โก Dalam riwayat lain :
( ููููุจูุถู ุฃูุตูุงุจูุนููู ูููููููุง ููุฃูุดูุงุฑู ุจูุฅูุตูุจูุนููู ุงูููุชูู ุชูููู ุงููุฅูุจูููุงู ู ููููุถูุนู ููููููู ุงููููุณูุฑูู ุนูููู ููุฎูุฐููู ุงููููุณูุฑูู ).
Beliau genggam semua jari jemarinya sambil memberi isyarat dengan jari sebelah ibu jari (telunjuk), beliau juga meletakkan telapak tangan kirinya di atas paha kirinya.”
๐ HR. Muslim dari hadits Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albany.
๐Adapun pada tasyahud akhir maka duduk sebagaimana tasyahud awal hanya saja dia tawarruk yaitu duduk dengan pantatnya (di lantai), dimasukkan kaki kiri di bawah betis kaki kanan, kaki kanan ditegakkan.
โก Dalilnya adalah hadits Abu Humaid As-Sa’idy radhiyallahu ‘anhu -beliau ketika mensifati sholat Rasulullah โ๏ทบ, Beliau berkata:
ู ููุฅูุฐูุง ุฌูููุณู ููู ุงูุฑููููุนูุชููููู ุฌูููุณู ุนูููู ุฑูุฌููููู ุงููููุณูุฑูู ููููุตูุจู ุงููููู ูููู ููุฅูุฐูุง ุฌูููุณู ููู ุงูุฑููููุนูุฉู ุงููุขุฎูุฑูุฉู ููุฏููู ู ุฑูุฌููููู ุงููููุณูุฑูู ููููุตูุจู ุงููุฃูุฎูุฑูู ููููุนูุฏู ุนูููู ู ูููุนูุฏูุชููู. ุฑูุงู ุงูุจุฎุงุฑู.
Apabila duduk pada rakaat kedua, beliau duduk di atas kakinya yang kiri dan menegakkan kakinya yang kanan. Dan jika duduk pada rakaat terakhir, maka beliau memasukkan kaki kirinya (di bawah kaki kananya) dan menegakkan kaki kanannya dan beliau duduk pada tempat duduknya.”
๐ HR. Bukhori.
โก Dalam riwayat lain:
ุฌูุนููู ููุฏูู ููู ุงููููุณูุฑูู ุชูุญูุชู ููุฎูุฐููู ุงููููู ูููู ููุณูุงููู.
Beliau meletakkan telapak kaki kirinya di bawah paha dan betis kanannya.
๐ HR. Abu Dawud dari hadits Abdullah bin Zubair radhiyallahu ‘anhu dan dishahihkan oleh Al-Albany.
[1]. Penerjemah:
๐พ Kami tidak mendapatkan penshahihan Syaikh Al-Albany dalam hadits riwayat Imam Ahmad sebagaimana yang dikatakan penulis kitab akan tetapi hadits ini dishahihkan Syaikh Syu’aib al-Arnauth dalam tahqiq beliau terhadap Musnad Ahmad nomor [18850].