Risalah Ketiga Puluh Empat Tentang Seputar Tata Cara Sholat

102). Apakah hukum gerakan di dalam sholat?

Jawab:

๐Ÿƒ Boleh gerakan ringan (sedikit) karena diperlukan. Sungguh dahulu Rasulullah โ€Ž๏ทบ menggendong Umamah bintu Zainab dalam sholatnya. Adapun sangat banyak gerakan yang mengeluarkan orang yang sholat dari keadaan sholatnya maka sholatnya batal.

๐ŸŒทPada asalnya seorang itu tenang dan khusyuk dalam sholatnya.

โžก Dalil tentang gerakan ringan dalam sholat, hadits Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:

ุจูŽูŠู’ู†ูŽุง ู†ูŽุญู’ู†ู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุฌูู„ููˆุณูŒ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽุญู’ู…ูู„ู ุฃูู…ูŽุงู…ูŽุฉูŽ ุจูู†ู’ุชูŽ ุฃูŽุจููŠ ุงู„ู’ุนูŽุงุตู ุจู’ู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุจููŠุนู ูˆูŽุฃูู…ู‘ูู‡ูŽุง ุฒูŽูŠู’ู†ูŽุจู ุจูู†ู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุตูŽุจููŠู‘ูŽุฉูŒ ูŠูŽุญู’ู…ูู„ูู‡ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูŽุงุชูู‚ูู‡ู ููŽุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูŽุงุชูู‚ูู‡ู ูŠูŽุถูŽุนูู‡ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ุฑูŽูƒูŽุนูŽ ูˆูŽูŠูุนููŠุฏูู‡ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ู‚ูŽุงู…ูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู‚ูŽุถูŽู‰ ุตูŽู„ูŽุงุชูŽู‡ู ูŠูŽูู’ุนูŽู„ู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูู‡ูŽุง.

“Ketika kami duduk-duduk di masjid, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam muncul menemui kami sambil menggendong Umamah bintu Abu Al-‘Ash bin Ar-Rabi’ -ibunya adalah Zainab bintu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam- ketika itu Umamah masih kecil, beliau menggendongnya di atas pundak, kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengerjakan shalat, sedangkan Umamah masih di atas pundak beliau, apabila rukuk beliau meletakkan Umamah, jika berdiri, beliau menggendongnya kembali. beliau melakukan yang demikian itu hingga selesai shalat.”

๐Ÿ“š HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Al-Albany dan semisalnya diriwayatkan oleh Bukhori Muslim.

103). Apakah hukum berlari untuk mendapatkan rakaat di dalam sholat?

Jawab :

๐Ÿƒ Tidak boleh, karena hal itu meniadakan kekhusyukan, sungguh Nabi โ€Ž๏ทบ melarang dari hal yang demikian itu.

โžก Dalilnya adalah hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ:( ุฅูุฐูŽุง ุซููˆู‘ูุจูŽ ู„ูู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ููŽู„ูŽุง ุชูŽุฃู’ุชููˆู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุชูŽุณู’ุนูŽูˆู’ู†ูŽ ูˆูŽุฃู’ุชููˆู‡ูŽุง ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุงู„ุณู‘ูŽูƒููŠู†ูŽุฉู ููŽู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽูƒู’ุชูู…ู’ ููŽุตูŽู„ู‘ููˆุง ูˆูŽู…ูŽุง ููŽุงุชูŽูƒูู…ู’ ููŽุฃูŽุชูู…ู‘ููˆุง ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูŽูƒูู…ู’ ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุนู’ู…ูุฏู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ููŽู‡ููˆูŽ ูููŠ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ). ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…ู

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika iqamat shalat telah dikumandangkan, maka janganlah kalian datang sambil berlari, namun datanglah dengan tenang, apa yang kalian dapatkan dari shalat maka ikutilah, dan apa yang kalian tertinggal maka sempurnakanlah, sebab bila salah seorang di antara kalian pergi untuk mendirikan shalat, maka hal itu telah dihitung dalam shalat.”

๐Ÿ“š HR. Muslim.

๐ŸŒธSholat Nawafil(Sunnah)๐ŸŒธ

104). Apakah kedudukan sholat nawafil (sunnah)?

Jawab:

๐ŸƒSholat nawafil (sunnah) mempunyai kedudukan yang mulia, keutamaan dan pahala yang besar, menyempurnakan sholat fardhu apabila terjadi padanya kelengahan dan kekurangan, terutama sholat nawafil (sunnah) qobliyah dan bakdiyah pada sholat lima waktu.

โžก Dalilnya adalah hadits Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha:

ุนูŽู†ู’ ุฃูู…ู‘ู ุญูŽุจููŠุจูŽุฉูŽ ุฒูŽูˆู’ุฌู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู:( ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ู…ูุณู’ู„ูู…ู ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ูƒูู„ู‘ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุซูู†ู’ุชูŽูŠู’ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ุชูŽุทูŽูˆู‘ูุนู‹ุง ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ููŽุฑููŠุถูŽุฉู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุจูŽู†ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ู ุจูŽูŠู’ุชู‹ุง ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุจูู†ููŠูŽ ู„ูŽู‡ู ุจูŽูŠู’ุชูŒ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ). ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู….

dari Ummu Habibah isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dia berkata; “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang Muslim mendirikan shalat sunnah ikhlas karena Allah sebanyak dua belas rakaat selain shalat fardhu, melainkan Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” -Atau dengan redaksi lain- “Melainkan akan dibangunkan baginya rumah di surga.”

๐Ÿ“š HR. Muslim.

โžก Dalil bahwa sholat nawafil (sunnah) menyempurnakan sholat fardhu adalah hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ:( ุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ูŽ ู…ูŽุง ูŠูุญูŽุงุณูŽุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุจูู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ูู‡ูู…ู’ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฑูŽุจู‘ูู†ูŽุง ุฌูŽู„ู‘ูŽ ูˆูŽุนูŽุฒู‘ูŽ ู„ูู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุชูู‡ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุงู†ู’ุธูุฑููˆุง ูููŠ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุนูŽุจู’ุฏููŠ ุฃูŽุชูŽู…ู‘ูŽู‡ูŽุง ุฃูŽู…ู’ ู†ูŽู‚ูŽุตูŽู‡ูŽุง ููŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุชูŽุงู…ู‘ูŽุฉู‹ ูƒูุชูุจูŽุชู’ ู„ูŽู‡ู ุชูŽุงู…ู‘ูŽุฉู‹ ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู†ู’ุชูŽู‚ูŽุตูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู†ู’ุธูุฑููˆุง ู‡ูŽู„ู’ ู„ูุนูŽุจู’ุฏููŠ ู…ูู†ู’ ุชูŽุทูŽูˆู‘ูุนู ููŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ุชูŽุทูŽูˆู‘ูุนูŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุชูู…ู‘ููˆุง ู„ูุนูŽุจู’ุฏููŠ ููŽุฑููŠุถูŽุชูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุชูŽุทูŽูˆู‘ูุนูู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ุชูุคู’ุฎูŽุฐู ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฐูŽุงูƒูู…ู’ ). ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุตุญุญู‡ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat adalah shalatnya, Allah Jalla wa ‘Azza berfirman kepada Malaikat -dan Dia lebih mengetahui (amalan seseorang)-; “Periksalah shalat hamba-Ku, sempurnakah atau justru kurang? Sekiranya sempurna, maka catatlah baginya sempurna, dan jika terdapat kekurangan, Allah berfirman; “Periksalah lagi, apakah hamba-Ku memiliki amalan sholat sunnah? Jikalau terdapat shalat sunnahnya, Allah berfirman; “Sempurnakanlah kekurangan yang ada pada shalat wajib hamba-Ku itu dengan shalat sunnahnya.” Selanjutnya semua amal manusia di hisab dengan cara demikian.”

๐Ÿ“š HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Al-Albany.

105) Apa saja sholat sunnah dua belas rakaat yang apabila dilaksanakan dibangunkan rumah di surga?

Jawab:

๐Ÿ Ia adalah sholat sunnah rawatib qobliyah dan bakdiyah sholat fardhu yaitu empat rakaat sebelum Zhuhur, dua rakaat sesudah Zhuhur, dua rakaat sesudah Maghrib, dua rakaat sesudah Isya, dua rakaat sebelum Shubuh.

โžก Dalilnya adalah hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha:

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ:( ู…ูŽู†ู’ ุซูŽุงุจูŽุฑูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุซูู†ู’ุชูŽูŠู’ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ู…ูู†ู’ ุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ุจูŽู†ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ู ุจูŽูŠู’ุชู‹ุง ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนู ุฑูŽูƒูŽุนูŽุงุชู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ุธู‘ูู‡ู’ุฑู ูˆูŽุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุบู’ุฑูุจู ูˆูŽุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุนูุดูŽุงุกู ูˆูŽุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ). ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ูˆุตุญุญู‡ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ.

Dari ‘Aisyah ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa menjaga dalam mengerjakan shalat sunnah dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga, yaitu empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat setelah zhuhur, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah isya` dan dua rakaat sebelum shubuh.”

๐Ÿ“š HR. Tirmidziy dan dishahihkan oleh Al-Albany.