Sholat yang memiliki sebab – Risalah Ketiga Puluh Sembilan Tentang Seputar Tata Cara Sholat

๐ŸŒธSholat yang memiliki sebab (dzawaatul asbaab)๐ŸŒธ

127). Apakah pengertian sholat yang memiliki sebab itu?

Jawab:

๐ŸŒฑSholat yang memiliki sebab adalah sholat yang dilakukan oleh seorang muslim karena adanya sebab tertentu. Misalnya: sholat tahiyyatul masjid, sholat dua rakaat setelah wudhu, sholat istikharah, sholat gerhana bulan, sholat gerhana matahari dan semisalnya.

128). Apakah sholat tahiyyatul masjid itu?

Jawab:

๐ŸƒSholat tahiyyatul masjid adalah sholat dua rakaat yang dilakukan seorang muslim ketika masuk masjid sebelum duduk jika dia ingin duduk. Hukumnya wajib menurut pendapat yang kuat [1].

โ–ถ Dalilnya adalah Hadits Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu:

ุนู† ุฃูŽุจูŽูŠ ู‚ูŽุชูŽุงุฏูŽุฉูŽ ุจู’ู†ูŽ ุฑูุจู’ุนููŠู‘ู ุงู„ู’ุฃู†ู’ุตูŽุงุฑููŠู‘ูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…:( ุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุฌู’ู„ูุณู’ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ). ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡.

Dari Abu Qatadah bin Rib’iy Al-Anshariy radhiyallahu ‘anhu berkata; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika seorang dari kalian masuk ke dalam masjid maka janganlah dia duduk sebelum shalat dua rakaat”.

๐Ÿ“š HR. Bukhori dan Muslim.

๐ŸŒฟLarangan mengandung keharaman maknanya adalah diharamkan atasnya duduk sampai sholat dua rakaat [1].

๐ŸŒดApabila dia sholat yang lain sebelum duduk maka tercukupi baginya dari tahiyyatul masjid, sama saja apakah sholat tersebut sholat wajib atau sunnah.

129). Apakah sholat dua rakaat setelah wudhu itu dan apa hukumnya?

Jawab:

๐ŸŽ‹Sholat dua rakaat setelah wudhu adalah sholat yang dilakukan seorang muslim setiap setelah wudhu atau bersuci. Hukumnya adalah sunnah.

โ–ถ Dalilnya adalah hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูุจูู„ูŽุงู„ู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู:( ูŠูŽุง ุจูู„ูŽุงู„ู ุญูŽุฏู‘ูุซู’ู†ููŠ ุจูุฃูŽุฑู’ุฌูŽู‰ ุนูŽู…ูŽู„ู ุนูŽู…ูู„ู’ุชูŽู‡ู ูููŠ ุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ู ููŽุฅูู†ู‘ููŠ ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฏูŽูู‘ูŽ ู†ูŽุนู’ู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุฏูŽูŠู‘ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุนูŽู…ูู„ู’ุชู ุนูŽู…ูŽู„ู‹ุง ุฃูŽุฑู’ุฌูŽู‰ ุนูู†ู’ุฏููŠ ุฃูŽู†ู‘ููŠ ู„ูŽู…ู’ ุฃูŽุชูŽุทูŽู‡ู‘ูŽุฑู’ ุทูŽู‡ููˆุฑู‹ุง ูููŠ ุณูŽุงุนูŽุฉู ู„ูŽูŠู’ู„ู ุฃูŽูˆู’ ู†ูŽู‡ูŽุงุฑู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุตูŽู„ู‘ูŽูŠู’ุชู ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ุทู‘ูู‡ููˆุฑู ู…ูŽุง ูƒูุชูุจูŽ ู„ููŠ ุฃูŽู†ู’ ุฃูุตูŽู„ู‘ููŠูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุนูŽุจู’ุฏ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฏูŽูู‘ูŽ ู†ูŽุนู’ู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ูŠูŽุนู’ู†ููŠ ุชูŽุญู’ุฑููŠูƒูŽ ). ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ.

Dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, kepada Bilal radhiyallahu ‘anhu ketika shalat Fajar (Shubuh): “Wahai Bilal, ceritakan kepadaku amal yang paling utama yang sudah kamu amalkan dalam Islam, sebab aku mendengar di hadapanku suara sandalmu dalam surga”. Bilal berkata; “Tidak ada amal yang utama yang aku sudah amalkan kecuali bahwa jika aku bersuci (berwudhu) pada suatu kesempatan malam ataupun siang melainkan aku selalu shalat dengan wudhu tersebut di samping shalat wajib”. Berkata, (Abu ‘Abdullah): makna “Daffa na’laika maksudnya gerakan sandal”.

๐Ÿ“š HR. Bukhori dan Muslim.

130). Apakah sholat Istikharah itu? Apakah bacaan doa dalam sholat Istikharah?

Jawab:

๐ŸŒฑSholat Istikharah adalah sholat yang dilakukan apabila seorang hamba mengalami kebimbangan terhadap sesuatu perkara, dia tidak mengetahui kebaikan jika dilakukan atau ditinggalkannya, maka dia melakukan sholat dua rakaat kemudian berdoa agar Allah Ta’ala memberikan taufik kepadanya akan perkara ini jika ada padanya kebaikan, atau dipalingkan darinya jika ada padanya kejelekan.

๐ŸŒทDoa yang dibaca dalam sholat Istikharah adalah apa yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dalam shahihnya dari hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma:

ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูุนูŽู„ู‘ูู…ูู†ูŽุง ุงู„ูุงุณู’ุชูุฎูŽุงุฑูŽุฉูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฃูู…ููˆุฑู ูƒูู„ู‘ูู‡ูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูุนูŽู„ู‘ูู…ูู†ูŽุง ุงู„ุณู‘ููˆุฑูŽุฉูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฅูุฐูŽุง ู‡ูŽู…ู‘ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุจูุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑู ููŽู„ู’ูŠูŽุฑู’ูƒูŽุนู’ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุงู„ู’ููŽุฑููŠุถูŽุฉู ุซูู…ู‘ูŽ ู„ููŠูŽู‚ูู„ู’ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุณู’ุชูŽุฎููŠุฑููƒูŽ ุจูุนูู„ู’ู…ููƒูŽ ูˆูŽุฃูŽุณู’ุชูŽู‚ู’ุฏูุฑููƒูŽ ุจูู‚ูุฏู’ุฑูŽุชููƒูŽ ูˆูŽุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ู…ูู†ู’ ููŽุถู’ู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู…ู ููŽุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุชูŽู‚ู’ุฏูุฑู ูˆูŽู„ูŽุง ุฃูŽู‚ู’ุฏูุฑู ูˆูŽุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ูˆูŽู„ูŽุง ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุนูŽู„ู‘ูŽุงู…ู ุงู„ู’ุบููŠููˆุจู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูŽ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู„ููŠ ูููŠ ุฏููŠู†ููŠ ูˆูŽู…ูŽุนูŽุงุดููŠ ูˆูŽุนูŽุงู‚ูุจูŽุฉู ุฃูŽู…ู’ุฑููŠ ุฃูŽูˆู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูŽุงุฌูู„ู ุฃูŽู…ู’ุฑููŠ ูˆูŽุขุฌูู„ูู‡ู ููŽุงู‚ู’ุฏูุฑู’ู‡ู ู„ููŠ ูˆูŽูŠูŽุณู‘ูุฑู’ู‡ู ู„ููŠ ุซูู…ู‘ูŽ ุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ููŠ ูููŠู‡ู ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูŽ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑูŽ ุดูŽุฑู‘ูŒ ู„ููŠ ูููŠ ุฏููŠู†ููŠ ูˆูŽู…ูŽุนูŽุงุดููŠ ูˆูŽุนูŽุงู‚ูุจูŽุฉู ุฃูŽู…ู’ุฑููŠ ุฃูŽูˆู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูููŠ ุนูŽุงุฌูู„ู ุฃูŽู…ู’ุฑููŠ ูˆูŽุขุฌูู„ูู‡ู ููŽุงุตู’ุฑููู’ู‡ู ุนูŽู†ู‘ููŠ ูˆูŽุงุตู’ุฑููู’ู†ููŠ ุนูŽู†ู’ู‡ู ูˆูŽุงู‚ู’ุฏูุฑู’ ู„ููŠ ุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ุญูŽูŠู’ุซู ูƒูŽุงู†ูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุฑู’ุถูู†ููŠ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽูŠูุณูŽู…ู‘ููŠ ุญูŽุงุฌูŽุชูŽู‡ู. ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ.

Dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajari kami shalat istikharah dalam setiap urusan yang kami hadapi sebagaimana Beliau mengajarkan kami Al-Qur’an, yang Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika seorang dari kalian menghadapi masalah maka rukuklah (shalat) dua rakaat yang bukan shalat wajib kemudian berdoalah: “Allahumma inniy astakhiiruka bi ‘ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as-aluka min fadhlikal ‘azhim, fainnaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuub. Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amra khairul liy fiy diiniy wa ma’aasyiy wa ‘aaqibati amriy” atau berkata; ‘Aajili amriy wa aajilihi faqdurhu liy wa yassirhu liy tsumma baarik liy fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amra syarrul liy fiy diiniy wa ma’aasyiy wa ‘aaqibati amriy” atau berkata; fiy ‘aajili amriy wa aajilihi fashrifhu ‘anniy washrifniy ‘anhu waqdurliy khaira haitsu kaana tsumma ardhiniy”
(Ya Allah aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu dan memohon kemampuan dengan kekuasaan-Mu dan memohon kepada-Mu dengan karunia-Mu yang Agung, karena Engkau Maha berkuasa sedang aku tidak berkuasa, Engkau Maha Mengetahui sedang aku tidak mengetahui karena Engkaulah yang Maha Mengetahui perkara yang ghoib. Ya Allah bila Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, bagi agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku ini atau Beliau bersabda; di waktu dekat atau di masa nanti maka takdirkanlah buatku dan mudahkanlah kemudian berikanlah berkah padanya. Namun sebaliknya, ya Allah bila Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untukku, bagi agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku ini atau Beliau bersabda; di waktu dekat atau di maa nanti maka jauhkanlah urusan dariku dan jauhkanlah aku darinya dan tetapkanlah buatku urusan yang baik saja di manapun adanya kemudian jadikanlah hatiku ridha dengan ketetapan-
Mu itu”. Beliau bersabda: “Dan dia menyebut keperluannya.”

๐Ÿ“š HR. Bukhori.

โžก Boleh berdoa sebelum salam atau sesudahnya.


[1]. Penerjemah:

๐ŸŒฟSyaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata:

“Adapun hukum sholat tahiyyatul masjid maka pendapat akan wajibnya kuat sekali, karena Nabi โ€Ž๏ทบ memutus khutbah untuk memerintah seorang yang duduk supaya berdiri kemudian sholat dua rakaat, dan termasuk perkara yang dimaklumi bahwa sibuknya untuk sholat dua rakaat mengharuskan sibuknya dari khutbah sedangkan mendengarkan khutbah, hukumnya adalah wajib dan tidaklah menyibukkan dari yang wajib melainkan perkara itu (tahiyyatul masjid) hukumnya wajib.

๐ŸƒAkan tetapi kebanyakan ulama berpendapat bahwa (tahiyyatul masjid) sunnah muakkadah (ditekankan) karena adanya hadits-hadits yang menunjukkan atas demikian ituโ€ฆ

๐ŸŽ‹Yang nampak bagiku bahwa (tahiyyatul masjid) sunnah mu’akkadah paling minimal keadaannya, yang meninggalkannya telah melakukan perbuatan yang makruh.”

๐Ÿ“š Majmu’ Fatawa wa Rasaail Fadhilatu Asy- Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin [14/269].