131). Apakah sholat Istisqo’ itu?
Jawab :
๐ฟSholat Istisqo’ adalah sholat yang dilaksanakan kaum muslimin ketika kemarau panjang menimpa mereka, kemudian kaum muslimin memohon kepada Allah Ta’ala dengan sholat dan doa, mereka keluar ke tanah lapang dalam keadaan khusyuk, berpakaian sederhana kemudian menegakkan sholat dan berdoa, mendengarkan khutbah atau khatib pada hari Jumat mengangkat kedua tangannya dan berdoa :
(ุงููููููู ูู ุฃูุบูุซูููุง ุงููููููู ูู ุฃูุบูุซูููุง ุงููููููู ูู ุฃูุบูุซูููุง)
Ya Allah turunkan hujan kepada kami.
Sebanyak tiga kali.
โถ Dalilnya adalah hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu:
ุนููู ุฃูููุณู ุจููู ู ูุงูููู ุฃูููู ุฑูุฌูููุง ุฏูุฎููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ููููู ู ุฌูู ูุนูุฉู ู ููู ุจูุงุจู ููุงูู ููุญููู ุฏูุงุฑู ุงููููุถูุงุกู ููุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงุฆูู ู ููุฎูุทูุจู ููุงุณูุชูููุจููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงุฆูู ูุง ุซูู ูู ููุงูู ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ููููููุชู ุงููุฃูู ูููุงูู ููุงููููุทูุนูุชู ุงูุณููุจููู ููุงุฏูุนู ุงูููููู ููุบูุซูููุง ููุงูู ููุฑูููุนู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุฏููููู ุซูู ูู ููุงูู:( ุงููููููู ูู ุฃูุบูุซูููุง ุงููููููู ูู ุฃูุบูุซูููุง ุงููููููู ูู ุฃูุบูุซูููุงโฆ). ู ุชูู ุนููู.
Dari Anas bin Malik bahwasanya; Ada seorang laki-laki yang masuk Masjid pada hari Jumat dari pintu yang menghadap Darul Qadha`, sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berdiri sedang menyampaikan khutbah. Kemudian laki-laki itu segera menghadap ke arah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, harta benda telah binasa dan jalan pun telah terputus. Karena itu, berdoalah kepada Allah agar menurunkan hujan.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengangkat kedua tangannya seraya berdoa: “ALLAHUMMA AGHITSNAA ALLAHUMMA AGHITSNAA, ALLAHUMMA AGHITSNAA (Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami. Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami).
๐ HR. Bukhori dan Muslim.
๐Dalam hadits lain turun hujan kepada mereka selama enam hari.
โถ Adapun dalil tentang keluar ke lapangan adalah hadits Abdullah bin Zaid Al Maazini radhiyallahu ‘anhu berkata:
ุฎูุฑูุฌู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฅูููู ุงููู ูุตููููู ููุงุณูุชูุณูููู ููุญูููููู ุฑูุฏูุงุกููู ุญูููู ุงุณูุชูููุจููู ุงููููุจูููุฉู. ู ุชูู ุนููู.
“Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam keluar ke tanah lapang untuk menunaikan shalat Istisqa`, kemudian beliau membalik pakaiannya ketika menghadap kiblat.
๐ HR. Bukhori dan Muslim.
โถ Dan juga hadits Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata:
ุฎูุฑูุฌู ุฑูุณููููู ุงููููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู -ููุนููููู ูููู ุงูุงูุณูุชูุณูููุงุกู- ู ูุชูุจูุฐููููุง ู ูุชูููุงุถูุนูุง ู ูุชูุฎูุดููุนูุง ู ูุชูุถูุฑููุนูุง.
Rasulullah โ๏ทบ keluar -yakni untuk sholat istisqo`- Beliau berpakaian sederhana, tawaduk, khusyuk, merendahkan diri.
๐ HR. Tirmidziy dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albany.
132). Bagaimana tata cara sholat Istisqo`?
Jawab:
๐ฑYaitu imam bekhutbah dengan satu khutbah menurut pendapat yang kuat kemudian sholat berjamaah dua rakaat, berdoa menghadap kiblat dan membalik selendangnya.
โถ Dalilnya adalah hadits Abbad bin Tamim radhiyallahu ‘anhu:
ุนููู ุนูุจููุงุฏู ุจููู ุชูู ููู ู ุนููู ุนูู ูููู ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฎูุฑูุฌู ุจูุงููููุงุณู ููููุณูุชูุณููููู ููุตููููู ุจูููู ู ุฑูููุนูุชููููู ุฌูููุฑู ุจูุงููููุฑูุงุกูุฉู ูููููู ูุง ููุญูููููู ุฑูุฏูุงุกููู ููุฑูููุนู ููุฏููููู ููุฏูุนูุง ููุงุณูุชูุณูููู ููุงุณูุชูููุจููู ุงููููุจูููุฉู. ุฑูุงู ุฃุจู ุฏุงูุฏ ูุตุญุญู ุงูุฃูุจุงูู ูุฃุตูู ูู ุงูุตุญูุญูู.
Dari ‘Abbad bin Tamim dari pamannya bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam keluar bersama orang-orang untuk memohon hujan, lalu beliau shalat dua rakaat dengan mengeraskan bacaan pada rakaat tersebut, beliau membalik kain selendangnya sambil berdoa dan memohon supaya diturunkan hujan dengan menghadap ke arah Kiblat.”
๐ HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Al-Albany.
๐Asal hadits ada di dalam Shohih Bukhori dan Shohih Muslim.
โถ Adapun dalil bahwasanya Rasulullah โ๏ทบ berkhutbah di hadapan manusia adalah hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha:
ุนููู ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนูููููุง ููุงููุชู ุดูููุง ุงููููุงุณู ุฅูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุญููุทู ุงููู ูุทูุฑู ููุฃูู ูุฑู ุจูู ูููุจูุฑู ููููุถูุนู ูููู ููู ุงููู ูุตููููู ููููุนูุฏู ุงููููุงุณู ููููู ูุง ููุฎูุฑูุฌูููู ููููู ููุงููุชู ุนูุงุฆูุดูุฉู ููุฎูุฑูุฌู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุญูููู ุจูุฏูุง ุญูุงุฌูุจู ุงูุดููู ูุณู ููููุนูุฏู ุนูููู ุงููู ูููุจูุฑู ููููุจููุฑู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุญูู ูุฏู ุงูููููู ุนูุฒูู ููุฌูููู ุซูู ูู ููุงูู ุฅููููููู ู ุดูููููุชูู ู ุฌูุฏูุจู ุฏูููุงุฑูููู ู ููุงุณูุชูุฆูุฎูุงุฑู ุงููู ูุทูุฑู ุนููู ุฅูุจููุงูู ุฒูู ูุงูููู ุนูููููู ู ููููุฏู ุฃูู ูุฑูููู ู ุงูููููู ุนูุฒูู ููุฌูููู ุฃููู ุชูุฏูุนูููู ููููุนูุฏูููู ู ุฃููู ููุณูุชูุฌููุจู ููููู ู ุซูู ูู ููุงูู { ุงููุญูู ูุฏู ููููููู ุฑูุจูู ุงููุนูุงููู ูููู ุงูุฑููุญูู ููู ุงูุฑููุญููู ู ู ููููู ููููู ู ุงูุฏููููู } ููุง ุฅููููู ุฅููููุง ุงูููููู ููููุนููู ู ูุง ููุฑููุฏู ุงููููููู ูู ุฃูููุชู ุงูููููู ููุง ุฅููููู ุฅููููุง ุฃูููุชู ุงููุบูููููู ููููุญููู ุงููููููุฑูุงุกู ุฃูููุฒููู ุนูููููููุง ุงููุบูููุซู ููุงุฌูุนููู ู ูุง ุฃูููุฒูููุชู ููููุง ูููููุฉู ููุจูููุงุบูุง ุฅูููู ุญูููู ุซูู ูู ุฑูููุนู ููุฏููููู ููููู ู ููุฒููู ููู ุงูุฑููููุนู ุญูุชููู ุจูุฏูุง ุจูููุงุถู ุฅูุจูุทููููู ุซูู ูู ุญูููููู ุฅูููู ุงููููุงุณู ุธูููุฑููู ููููููุจู ุฃููู ุญูููููู ุฑูุฏูุงุกููู ูููููู ุฑูุงููุนู ููุฏููููู ุซูู ูู ุฃูููุจููู ุนูููู ุงููููุงุณู ููููุฒููู ููุตููููู ุฑูููุนูุชููููู. ุฑูุงู ุฃุจู ุฏุงูุฏ ูุญุณูู ุงูุฃูุจุงูู.
dari Aisyah dia berkata; “Orang-orang mengadu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang musim kemarau yang panjang, maka beliau memerintahkan untuk meletakkan mimbar di tempat shalat (tanah lapang), lalu beliau berjanji kepada orang-orang untuk bertemu pada suatu hari yang telah di tentukan. Aisyah berkata; “Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam keluar ketika matahari mulai terlihat, lalu beliau duduk di mimbar, beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bertakbir dan memuji Allah Azza Wa Jalla, lalu bersabda: “Sesungguhnya kalian mengadu kepadaku tentang kegersangan negeri kalian dan keterlambatan turunnya hujan dari musimnya, padahal Allah Azza Wa Jalla telah memerintahkan kalian agar kalian memohon kepadanya, dan berjanji akan mengabulkan do’a kalian, kemudian beliau mengucapkan: “Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dzat yang menguasai hari Pembalasan. (AlFatihah: 2-4). Tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Dia, Dia melakukan apa saja yang dikehendaki. Ya Allah, Engkau adalah Allah, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha kaya sementara kami yang membutuhkan, maka turunkanlah hujan kepada kami dan jadikanlah apa yang telah Engkau turunkan kekuatan bagi kami dan sebagai bekal di hari yang di tetapkan.” kemudian beliau mengangkat kedua tangannya, dan senantiasa mengangkat kedua tangannya hingga terlihat putih ketiak beliau, kemudian beliau membalikkan punggungnya membelakangi orang-orang dan merubah posisi selendangnya, sedangkan beliau masih mengangkat kedua tangannya. Kemudian beliau menghadap ke orang-orang, lalu beliau turun dari mimbar dan shalat dua rakaat.
๐ HR. Abu Dawud dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albany.
๐พ Pada hadits ini mendahulukan khutbah daripada sholat sebagaimana hadits Aisyah di depan.
133). Apakah hukum mengangkat suara (bagi makmum) ketika berdoa meminta hujan?
Jawab :
๐ฟApa yang dilakukan kebanyakan orang dengan mengangkat suaranya ketika berdoa meminta hujan adalah menyelisihi sunnah.
๐Rasulullah โ๏ทบ tidak pernah melakukannya, tidak pula sahabat, bahkan Beliau โ๏ทบ melarang mereka untuk mengangkat suara ketika berdzikir secara mutlak, kecuali apa yang dikhususkan oleh dalil.
โถ Dalilnya adalah hadits Abu Musa Al-Asy’ary radhiyallahu ‘anhu:
ุนููู ุฃูุจูู ู ููุณูู ุงููุฃูุดูุนูุฑูููู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู ููุงูู ูููููุง ู ูุนู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ูููููููุง ุฅูุฐูุง ุฃูุดูุฑูููููุง ุนูููู ููุงุฏู ูููููููููุง ููููุจููุฑูููุง ุงุฑูุชูููุนูุชู ุฃูุตูููุงุชูููุง ููููุงูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู:( ููุง ุฃููููููุง ุงููููุงุณู ุงุฑูุจูุนููุง ุนูููู ุฃูููููุณูููู ู ููุฅููููููู ู ููุง ุชูุฏูุนูููู ุฃูุตูู ูู ููููุง ุบูุงุฆูุจูุง ุฅูููููู ู ูุนูููู ู ุฅูููููู ุณูู ููุนู ููุฑููุจู ุชูุจูุงุฑููู ุงุณูู ููู ููุชูุนูุงููู ุฌูุฏูููู ). ู ุชูู ุนููู.
Dariari Abu Musa Al-Asy’ariy radhiyallahu ‘anhu berkata; Kami pernah bepergian bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan apabila menaiki bukit kami bertalbiyah dan bertakbir dengan suara yang keras. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Wahai sekalian manusia, rendahkanlah diri kalian karena kalian tidak menyeru kepada Dzat yang tuli dan juga bukan Dzat yang jauh. Dia selalu bersama kalian dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Dekat. Maha suci nama-Nya dan Maha Tinggi kebesaran-Nya”.
๐ HR. Bukhori dan Muslim.