๐นRisalah Keenam๐น
๐ทBab Kewajiban Puasa dan Sunnahnya Serta Yang Terkait Dengan Rukyah Hilal๐ท
Soal:
41. Puasa wajib selain Ramadan, apakah diharuskan niat dari malamnya?
Jawab :
๐Ya, harus berniat dari sejak malam hari, sepakat dalam hal ini mazhab yang empat (Hanafiyah, Malikiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah).
Soal:
42. Bagaimana hukum melafazkan niat puasa?
Jawab:
๐พ”Tidak sah puasa kecuali dengan niat, tempat niat di hati, tidak disyaratkan mengucapkannya tidak ada perselisihan di antara Ulama.”
โ(Imam An Nawawy).
๐บ”Niat tempatnya di hati, dalilnya hadits Umar radhiyallahu ‘anhu,
ุนู ุนูู ูุฑู ุจููู ุงููุฎูุทููุงุจู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู ุนูููู ุงููู ูููุจูุฑู ููุงูู ุณูู ูุนูุชู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููููู: (( ุฅููููู ูุง ุงููุฃูุนูู ูุงูู ุจูุงูููููููุงุชู )).
Dari Umar bin Al-Khaththab di atas mimbar berkata; aku mendengar Rasulullah ๏ทบ bersabda: “Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan.”
๐HR. Bukhori dan Muslim.
Maka oleh karena ini, sesungguhnya pelafazan niat puasa dan yang semisalnya yaitu niat salat adalah perkara bid’ah tidak ada dalilnya. Sungguh manusia telah keliru dalam hal ini atas mazhab Imam Asy Syafi’i rahimahullah Ta’ala. Sesungguhnya tidak didapati satu dalilpun dari beliau mengenai mengucapkan niat, seperti yang sebutkan Imam Ibnul Qoyyim dalam kitabnya Zaadul Ma’ad.”
โ(Lajnah Ad Daaimah [Majelis Ulama Saudi Arabia]).
Soal:
43. Apa saja macam puasa wajib itu?
Jawab:
๐บ”Puasa Ramadan,
Puasa Qodho Ramadan, Puasa kaffarah bagi yang berjimak (bersetubuh) di siang Ramadan,
Puasa nadzar,
Puasa kaffarah nadzar. Puasa kaffarah zhihar bagi orang yang tidak mampu memerdekakan budak,
Puasa kaffarah sumpah bila tidak mampu memerdekakan budak, atau memberi pakaian 10 orang miskin atau memberi makan 10 orang miskin,
Puasa kaffarah membunuh hewan buruan sedangkan dia dalam muhrim (memakai baju ihram) atau dia berada di tanah suci (Makkah atau Madinah), puasa 3 hari ketika berhaji dan 7 hari setelah kembali ke keluarganya (negerinya) bagi yang berhaji tamattu’ dan tidak mempunyai sembelihan,
Puasa kaffarah bagi orang yang melakukan pelanggaran ihram, Puasa bagi orang yang meninggalkan kewajiban dalam manasik haji atau umroh sedang dia tidak mampu untuk menyembelih maka dia berpuasa 10 hari.”
โ(Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab Al Wushabiy).
Soal:
44. Apa saja sunnahnya seorang yang berpuasa?
Jawab:
๐”Sunnahnya puasa adalah makan sahur, makan kurma di waktu sahur, mengakhirkan makan sahur, mempersedikitkan makan di waktu sahur dan berbuka, bersegera berbuka, berbuka dengan kurma basah, apabila tidak ada menggunakan kurma kering, apabila tidak ada minum seteguk air, apabila tidak ada, berbuka dengan yang mudah baginya dari makanan yang halal dan thayyib (baik).”
โ(Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab Al Wushabiy).
๐ทBab sahur dan berbuka serta hukum yang terkait dengan keduanya๐ท
Soal:
45. Apakah hukum sahur itu?
Jawab:
๐ธ”Hukumnya sunnah menurut ijmak (kesepakatan) Ulama. Dalilnya dalam Shahih Bukhori dan Shahih Muslim, hadist Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu:
ุนู ุฃูููุณู ุจููู ู ูุงูููู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู ููุงูู ููุงูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู :((ู ุชูุณูุญููุฑููุง ููุฅูููู ููู ุงูุณููุญููุฑู ุจูุฑูููุฉู )).
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bersahurlah kalian, karena di dalam sahur ada barakah.”
Soal:
46. Apakah keberkahan dalam sahur itu?
Jawab :
๐”Keberkahan dalam sahur itu terwujud dari berbagai sisi, yaitu: mengikuti sunnah, menyelisihi ahlul kitab (Yahudi dan Nasrani), dengannya memperkuat ibadah, menambah semangat, mencegah dari perangai jelek karena lapar, menyebabkan gemar bersedekah terhadap orang yang meminta-minta atau orang yang berkumpul bersamanya atas jamuan makan, menjadikannya untuk banyak berzikir dan berdoa di waktu mustajabah, mendapatkan niat puasa bagi orang yang lupa darinya sebelum tidur.”
โ(Imam Ibnu Hajar Al Atsqolany).
Soal:
47. Makanan apa yang disunnahkan untuk sahur?
Jawab:
“Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud rahimahullah dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,
ุนููู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงู:((ู ููุนูู ู ุณูุญููุฑู ุงููู ูุคูู ููู ุงูุชููู ูุฑ )).
Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Sebaik-baik (makanan) sahur bagi seorang mukmin adalah kurma.”
๐ฟImam Ath-Thibiy rahimahullah berkata:
“Hanya saja pujiannya di waktu ini; karena pada sahur itu sendiri ada keberkahan, pengkhususannya terhadap kurma keberkahan di atas keberkahanโฆ agar memulai dengannya dan berakhir padanya adalah keberkahan.”
Soal:
48. Kapan waktu yang utama untuk sahur?
Jawab :
๐ฟ”Ulama telah sepakat, seperti yang dinukilkan Imam An-Nawawi akan disunnahkannya mengakhirkan sahur, diriwayatkan oleh Imam Thoyalisiy dan Ad-Daruquthniy dari hadits Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata, bersabda Rasulullah โ๏ทบ:
(( ุฅูุง ู ุนุดุฑ ุงูุฃูุจูุงุก ุฃู ุฑูุง ุฃู ูุนุฌู ุงููุทูุฑ, ููุคุฎุฑ ุงูุณุญูุฑ ูุฃู ูุถุน ุฃูู ุงููุง ุนูู ุดู ุงุฆููุง ูู ุงูุตูุงุฉ )).
Kami para Nabi diperintah untuk menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur, serta meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri ketika sholat.
Soal:
49. Apakah dalil disunnahkannya mengakhirkan sahur sampai dekat waktu subuh ?
Jawab :
๐”Dalilnya apa yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim dari hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata : Dahulu Bilal adzan pada waktu malam, maka bersabda Rasulullah โ๏ทบ:
(( ูููููุง ููุงุดูุฑูุจููุง ุญูุชููู ููุคูุฐูููู ุงุจููู ุฃูู ูู ู ูููุชููู ู ููุฅูููููู ููุง ููุคูุฐูููู ุญูุชููู ููุทูููุนู ุงููููุฌูุฑ )).
“Makan dan minumlah kalian hingga Ibnu Ummu Maktum melakukan adzan, karena dia tidak melakukan adzan kecuali sudah terbit fajar.”
๐Imam Al Qasim berkata:
“Jarak antara azan keduanya itu tidaklah lama melainkan bila yang satunya naik dan yang satunya lagi turun (maksudnya naik ke dan turun dari menara). “
๐ป”Ibnu Hajar rahimahullah berkata:
“Dalam riwayat Imam Abdurrozzaq dan yang selain Beliau dengan sanad sahih dari ‘Amr bin Maimun Al Audy berkata : ‘Dahulu sahabat Rasulullah โ๏ทบ paling cepatnya berbuka dan paling akhirnya makan sahur’. “
๐ทFaedah :
Imam An Nawawi rahimahullah Berkata:
“Berkata sahabat-sahabat kami : ‘Hanya saja disunnahkan mengakhirkan sahur selama menyakini masih adanya malam (ada waktu untuk sahur), dan kapan merasa ragu di dalamnya (sudah berakhir malam), maka yang utama meninggalkannya.
Soal:
50. Kapan berakhirnya waktu sahur?
Jawab :
๐”Berakhir waktu sahur dengan terbitnya fajar sadik, sebagaimana firman Allah Ta’ala:
โ { ููููููููุง ููุงุดูุฑูุจูููุง ุญูุชููฐู ููุชูุจูููููู ูููููู ู ุงููุฎููููุทู ุงููุงูุจูููุถู ู ููู ุงููุฎููููุทู ุงููุงูุณูููุฏู ู ููู ุงููููุฌูุฑูโ }
“Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar shodiq .” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 187)
๐Dan sebagaimana yang terdapat dalam Shahih Bukhori dan Shahih Muslim dari hadits Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah โ๏ทบ bersabda:
(( ุฅูููู ุจูููุงููุง ููุคูุฐูููู ุจููููููู ูููููููุง ููุงุดูุฑูุจููุง ุญูุชููู ููุคูุฐูููู ุงุจููู ุฃูู ูู ู ูููุชููู ู ))
“Sesungguhnya Bilal mengumandangkan azan saat masih malam, maka makan dan minumlah sampai ada seruan azan oleh Ibnu Ummi Maktum.”
