๐ฅDisunnahkannya Makan Sahur๐ฅ
ุนููู ุฃูููุณู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนูููููุ ููุงูู : ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู : ” ุชูุณูุญููุฑููุง ุ ููุฅูููู ููู ุงูุณููุญููุฑู ุจูุฑูููุฉู “. ู ุชูู ุนููู.
Dari Anas radhiyallahu ‘anhu ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Makan sahurlah kalian, karena di dalam makan sahur terdapat keberkahan.”
๐HR. Bukhori (1923) dan Muslim (1095).
๐ปSyaikh Taufiq Al-Ba’dani hafizhahullah berkata:
“Ulama telah sepakat akan disunnahkannya makan sahur bagi orang yang hendak berpuasa dan hukumnya bukan wajib.
Pada makan sahur terdapat keberkahan dan faedah, di antaranya:
- Mengikuti sunnah qauliyah (perkataan) dan fi’liyah (perbuatan) Rasulullah๏ทบ.
- Menyelisihi ahli kitab, dalam Shahih Muslim, Rasulullah๏ทบ bersabda :
” ููุตููู ู ูุง ุจููููู ุตูููุงู ูููุง ููุตูููุงู ู ุฃููููู ุงููููุชูุงุจู ุฃูููููุฉู ุงูุณููุญูุฑู “.
“Perbedaan antara puasa kita dengan puasanya Ahli Kitab adalah makan sahur.”
3ู. Dengannya akan memperkuat dalam ibadah.
- Menjaga diri dari akhlak yang jelek karena pengaruh lapar yang sangat.
Dan sungguh Ulama telah sepakat atas sunnahnya mengakhirkan sahur.”
๐ Faedah Hadits Pelajaran Matan Durarul Bahiyyah, Darul Hadits Mabar Yaman, Ahad 6 Rabiul Awwal 1444H.
โMuntaqo Al Fawaid
๐ฑhttps://t.me/abuzurahwiwitwahyu
๐https://abuzurahwiwitwahyu.my.id/
